MAHASISWA KKN WIRASANA GELAR SOSIALISASI “DIGITAL MARKETING DI ERA JAMAN SEKARANG” DI DESA KARANGWONO

 

Pati, 19 Agustus 2025 Mahasiswa kuliah Kerja Nyata KKN Wirasana dari Institut Pesantren Mathali’ul Falah (IPMAFA) menggelar sosialisasi bertema “Digital Marketing” bertempat di balai Desa Karangwono, Kecamatan Pati, Kabupaten Pati. Kegiatan ini menjadi salah satu bagian terpenting dalam program bidang ekonomi, sesuai dengan tema KKN IPMAFA tahun 2025 yaitu “Pemberdayaan” yang berlandaskan lima pilar : ekonomi, lingkungan, sosial keagamaan, serta kesehatan. 


Kegiatan sosialisasi ini menjadi peluang bagi Desa Karangwono sebagian dari masyarakatnya yang masih belum cakap adanya digital marketing. Dengan itu KKN Wirasana akan membantu persoalan permasalahan yang ada di Desa Karangwono agar dapat teratasi. Mahasiswa Wirasana menghadirkan narasumber Bapak Isyrokh Fuaidi selaku Dosen IPMAFA untuk menyampaikan materi mengenai Digital Marketing Jaman Sekarang.


Acara berlangsung semi-formal dan dibuka dengan MC memandu jalannya acara, diawali sambutan dari Kordes kelompok KKN Wirasana  yang menyampaikan latar belakang program kami ini. Acara ini tidak akan meriah tanpa kehadiran dan semangat dari ibu serta bapak-bapak semua. 


Selanjutnya bapak Isyrokh Fuaidi sebagai narasumber dari Dosen IPMAFA menyampaikan paparan seputar digital marketing bukan lagi pilihan, melainkan keharusan bagi pelaku bisnis. “Di era digital jaman sekarang ini, masyarakat karangwono harus pandai-pandai dalam pemanfaatan teknologi agar konsumen bisa berinteraksi dengan merk. Oleh karena itu mahasiswa dan pelaku usaha perlu memahami konsep digital marketing sejak dini agar mampu bersaing di dunia kerja dan industri yang dinamis. Iklan terbaik dilakukan oleh pelanggan yang puas. Promosi yang paling efektif bukanlah melalui iklan berbayar yang mahal, tetapi melalui rekomendasi tulus dari pelanggan yang benar-benar merasa puas dengan produk atau layanan yang mereka terima.” Ujarnya.


Program ini disambut antusias oleh warga Karangwono dan diapresiasi langsung oleh para pelaku usaha lokal. Salah satu pelaku UMKM, Ibu Rulli, pemilik usaha katering “Pawon Mamikuu”, menggungkap rasa terima kasih dan apresiasinya terhadap kontribusi para mahasiswa. “Mahasiswa KKN Wirasana ini sangat membantu kami. Mereka mengajari kami cara promosi lewat media sosial, menambahkan alamat ke Google Maps, bahkan membuatkan video promosi dan desain kemasan baru.” Ujarnya. 


Kegiatan sosialisasi menegaskan komitmen mahasiswa KKN Wirasana untuk menghadirkan program yang bermanfaat bagi masyarakat. Dengan adanya kolaborasi antara perguruan tinggi dan masyarakat dapat menghasilkan dampak nyata, terutama dalam menghadapi tantangan ekonomi digital di daerah pedesaan. (KKN Wirasana)


0 Komentar