Mahasiswa KKN Agrinusa Gelar Program Pelatihan pembuatan media pembelajaran interaktif berbasis aplikasi (capcut, canva, guizizz) Yang dilaksanakan pada hari senin & selasa tanggal 25 & 26 Agustus 2025

 


Wukirsari Tambakromo – Mahasiswa Kuliah Kerja Nyata (KKN) Kelompok Agrinusa dari Institut Pesantren Mathali’ul Falah (IPMAFA) Melaksanakan kegiatan program kerja (progja) Pelatihan pembuatan media pembelajaran interaktif berbasis aplikasi (capcut, canva, guizizz) Yang dilaksanakan pada hari senin & selasa tanggal 25,26

Kelompok 24 KKN Agrinusa menggelar pelatihan pembuatan media pembelajaran interaktif berbasis aplikasi pada hari Senin dan Selasa, tanggal 25 dan 26 Agustus 2025. Kegiatan ini dilaksanakan dengan fokus utama pada penyampaian materi dan sesi tanya jawab yang berlangsung secara interaktif dan komunikatif.

Pelatihan ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan Guru SD dalam mengembangkan media pembelajaran yang menarik dan interaktif menggunakan aplikasi populer seperti CapCut, Canva, dan Quizizz. Dalam pelatihan tersebut, Guru  diberikan materi dan praktik langsung terkait cara membuat menggunakan CapCut, desain visual pembelajaran dengan Canva, serta pembuatan kuis interaktif melalui Quizizz.



Ketua Kelompok 24, Arifin, menyampaikan bahwa pelatihan ini merupakan salah satu program kerja yang diharapkan dapat membantu guru untuk meningkatkan kreativitas guru dalam menyampaikan pembelajaran ke peserta didik nya. "Dengan media pembelajaran yang menarik dan interaktif, diharapkan proses belajar mengajar menjadi lebih efektif dan menyenangkan," ujarnya.

Kegiatan ini berjalan dengan lancar dan guru-guru sangat antusias dalam mengikuti kegiatan tersebut. Peserta aktif berdiskusi dan saling berbagi pengalaman selama pelatihan. Kegiatan ini juga mendapat sambutan positif dari kepala sekolah dan guru-guru yang berharap dapat mengimplementasikan ilmu yang didapat untuk mendukung pendidikan di lingkungan mereka.

Pada hari pertama, Senin (25/8), peserta mendapatkan penyampaian materi lengkap tentang cara menggunakan aplikasi CapCut untuk pembuatan video pembelajaran yang menarik. Materi dilanjutkan dengan pengenalan aplikasi Canva sebagai alat desain grafis untuk media pembelajaran yang mudah dan efektif. aplikasi Quizizz sebuah platform kuis interaktif yang dapat meningkatkan keterlibatan siswa dalam proses belajar. Peserta tampak antusias mengikuti setiap tahap pembelajaran dan aktif mengajukan pertanyaan terkait teknis penggunaan aplikasi.

Hari kedua, Selasa (26/8), difokuskan pada praktek langsung pembuatan media pembelajaran menggunakan ketiga aplikasi tersebut. Peserta mempraktekkan pembuatan video pembelajaran di CapCut, desain materi visual di Canva, serta pembuatan kuis interaktif di Quizizz. Praktik ini memberikan kesempatan bagi peserta untuk mengaplikasikan teori yang telah didapatkan dan saling berbagi tips serta solusi atas kendala yang dihadapi.

Kelompok 24 Agrinusa berkomitmen untuk terus memberikan kontribusi positif melalui berbagai program yang mendukung pemberdayaan masyarakat selama masa KKN. (KKN Agrinusa)

0 Komentar