Wukirsari
Tambakromo – Mahasiswa Kuliah Kerja Nyata (KKN) Kelompok Agrinusa dari Institut
Pesantren Mathali’ul Falah (IPMAFA) Melaksanakan kegiatan program kerja
(progja) Pelatihan
pembuatan media pembelajaran interaktif berbasis aplikasi (capcut, canva,
guizizz) Yang dilaksanakan pada hari senin & selasa tanggal 25,26
Kelompok
24 KKN Agrinusa menggelar pelatihan pembuatan media pembelajaran interaktif
berbasis aplikasi pada hari Senin dan Selasa, tanggal 25 dan 26 Agustus 2025.
Kegiatan ini dilaksanakan dengan fokus utama pada penyampaian materi dan sesi
tanya jawab yang berlangsung secara interaktif dan komunikatif.
Pelatihan
ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan Guru SD dalam mengembangkan media
pembelajaran yang menarik dan interaktif menggunakan aplikasi populer seperti
CapCut, Canva, dan Quizizz. Dalam pelatihan tersebut, Guru diberikan materi dan praktik langsung terkait
cara membuat menggunakan CapCut, desain visual pembelajaran dengan Canva, serta
pembuatan kuis interaktif melalui Quizizz.
Ketua
Kelompok 24, Arifin, menyampaikan bahwa pelatihan ini merupakan salah satu
program kerja yang diharapkan dapat membantu guru untuk meningkatkan
kreativitas guru dalam menyampaikan pembelajaran ke peserta didik nya.
"Dengan media pembelajaran yang menarik dan interaktif, diharapkan proses
belajar mengajar menjadi lebih efektif dan menyenangkan," ujarnya.
Kegiatan
ini berjalan dengan lancar dan guru-guru sangat antusias dalam mengikuti
kegiatan tersebut. Peserta aktif berdiskusi dan saling berbagi pengalaman
selama pelatihan. Kegiatan ini juga mendapat sambutan positif dari kepala
sekolah dan guru-guru yang berharap dapat mengimplementasikan ilmu yang didapat
untuk mendukung pendidikan di lingkungan mereka.
Pada
hari pertama, Senin (25/8), peserta mendapatkan penyampaian materi lengkap
tentang cara menggunakan aplikasi CapCut untuk pembuatan video pembelajaran
yang menarik. Materi dilanjutkan dengan pengenalan aplikasi Canva sebagai alat
desain grafis untuk media pembelajaran yang mudah dan efektif. aplikasi Quizizz
sebuah platform kuis interaktif yang dapat meningkatkan keterlibatan siswa
dalam proses belajar. Peserta tampak antusias mengikuti setiap tahap
pembelajaran dan aktif mengajukan pertanyaan terkait teknis penggunaan
aplikasi.
Hari
kedua, Selasa (26/8), difokuskan pada praktek langsung pembuatan media
pembelajaran menggunakan ketiga aplikasi tersebut. Peserta mempraktekkan
pembuatan video pembelajaran di CapCut, desain materi visual di Canva, serta
pembuatan kuis interaktif di Quizizz. Praktik ini memberikan kesempatan bagi
peserta untuk mengaplikasikan teori yang telah didapatkan dan saling berbagi
tips serta solusi atas kendala yang dihadapi.
Kelompok 24 Agrinusa berkomitmen untuk terus memberikan kontribusi positif melalui berbagai program yang mendukung pemberdayaan masyarakat selama masa KKN. (KKN Agrinusa)
0 Komentar