Festival Bahasa Arab Nasional 2024, Sarana Menumbuhkan Cinta Bahasa Arab di Era Digital


Program Studi Pendidikan Bahasa Arab (PBA) Institut Pesantren Mathali'ul Falah sukses menggelar Festival Bahasa Arab tingkat Nasional pada Sabtu, 27/01/2024 kemarin, yang diikuti oleh 210 peserta dari berbagai Madrasah Aliyah dan Pesantren di Indonesia.


Festival Bahasa Arab (FBA) 2024, menyelenggarakan 9 cabang lomba secara offline dan online. Sembilan cabang lomba tersebut adalah Musabaqah Qiroatul Kutub (MQK), Ghina Araby, Qiroatus Syiir Araby, Kaligrafi, Olimpiade Bahasa Arab (OBA), Rois Tasyrifat, Khatabah, Kitabah Qishoh, dan Ilqoul Qishoh.


Kegiatan tingkat nasional ini mengusung tema "Aktualisasi Ketrampilan Bahasa Arab di Era Digital 5.0", FBA berupaya untuk menjembatani tradisi melalui inovasi dalam memahami dan mengimplementasikan bahasa Arab di era digital yang terus berkembang dan membawa tantangan baru di dunia pendidikan, khususnya pendidikan bahasa Arab.


Acara yang dilaksanakan di IPMAFA pada Sabtu kemarin, diawali dengan pembukaan oleh Plt Kasubag TU Kemenag Pati, Moh. Agus Suseno dan Wakil Rektor 1, Bapak Dr. A. Dimayati, M.Ag. Dalam sambutannya, bapak Agus menyampaikan apresiasi yang sebesar-besarnya atas terselenggaranya acara FBA.


Melalui Festival Bahasa Arab ini, Program Studi Pendidikan Bahasa Arab (PBA) IPMAFA ingin menciptakan sebuah ruang di mana kecintaan terhadap bahasa Arab tidak hanya dijunjung tinggi, tetapi juga diterjemahkan menjadi keterampilan praktisa yang sesuai dengan tuntutan zaman.


Ahmad Bastomi, selaku ketua FBA 2024 menuturkan bahwa Festival Bahasa Arabi tidak hanya menjadi sarana menumbuhkan kecintaan terhadap bahasa Arab, tetapi juga hadir sebagai wadah bagi para peserta untuk mengembangkan bakat dan ketrampilan dalam bahasa Arab.


"event ini merupakan ajang bagi para peserta untuk mengembangkan bakat dan minat dalam bahasa arab." tuturnya.


Ayu Lidyawati, salah satu peserta asal MA l'anatut Thalibin mengungkapkan bahwa Festival Bahasa Arab ini merupakan event yang luar biasa. Hal ini dapat dilihat dari antusias ratusan peserta dalam mengikuti ajang perlombaan bahasa Arab tingkat Nasional yang dilaksanakan di IPMAFA.


"menurut saya Festival Bahasa Arab ini merupakan event yang sangat luar biasa. Saya dan teman-teman pun cukup excited dalam mengikuti ajang perlombaan ini. Dan harapan saya untuk kedepannya dapat mengembangkan skill dan kemampuan bahasa Arab tentunya," ungkap Ayu saat diwawancarai tim media FBA 2024.


Setelah seluruh cabang lomba selesai dilaksanakan, acara dilanjutkan dengan pengumuman juara lomba dan penyerahan hadiah. Festival Bahasa Arab pun diakhiri dengan tepuk tangan yang meriah dari para peserta. (pba.red).




0 Komentar