Game online telah menjadi fenomena yang mendunia, mempertemukan pemain dari berbagai belahan dunia dalam lingkungan virtual yang penuh tantangan dari game multiplayer hingga permainan daring massal. Pengalaman ini tidak hanya menyediakan hiburan, tetapi juga membangun komunitas yang kuat di seluruh dunia. Melalui teknologi canggih, pemain dapat bersaing, berkolaborasi, dan mengembangkan keterampilan dalam dunia digital yang terus berkembang. Meskipun hal ini menawarkan kesenangan, tetap penting untuk seimbang dengan aktivitas lain dalam kehidupan sehari-hari.
Bermain game online selama jam pelajaran dapat menimbulkan berbagai dampak dan konsekuensi negatif. Tidak hanya mengalihkan perhatian siswa untuk fokus pada pelajaran mereka, tetapi juga dapat menyebabkan nilai akademis rendah dan kinerja yang buruk. Selain itu, bermain game online di kelas dapat mengganggu lingkungan belajar dan menghambat kemampuan siswa untuk terlibat dan berpartisipasi dalam kegiatan kelas. Bermain game online saat belajar di kelas adalah masalah yang umum terjadi di kalangan pelajar. Meskipun mungkin tampak tidak berbahaya bagi sebagian orang, tindakan bermain game online saat berada di kelas dapat berdampak buruk pada kinerja akademis, interaksi sosial, dan kesehatan mental.
Untuk mengatasi masalah kecanduan game online di sekolah, penting untuk menerapkan metode yang dapat membantu siswa mengatasi kecanduan ini dan fokus pada pelajaran mereka. metode ini seperti mempromosikan literasi digital dan penggunaan teknologi yang bertanggung jawab, menyediakan kegiatan dan hobi alternatif yang melibatkan siswa, membuat lingkungan belajar yang mendukung, dan mengajarkan kepada siswa tentang efek negatif dari permainan game online yang berlebihan pada kinerja akademik. Karena bermain game online selama di kelas dapat menimbulkan konsekuensi negatif bagi siswa dan lingkungan belajar secara keseluruhan.
Meskipun bermain game online di saat kelas berlangsung memberikan banyak dampak negative. Menurut saya juga memiliki beberapa dampak dampak positif tertentu bagi siswa, dalam konteks ini adalah game edukatif yang mungkin dapat membantu para siswa dalam meningkatkan pemahaman terhadap materi pelajaran. Game edukatif dapat menyajikan materi pelajaran secara interaktif yang memungkinkan siswa belajar melalui pengalaman langsung, ada juga beberapa game yang dirancang dan memerlukan pemecahan masalah, kreativitas, dan pemikiran kritis, serta membantu mengembangkan keterampilan ini pada siswa. Meskipun demikian, penting untuk memastikan bahwa interaksi dengan game dilakukan dengan bijak dan diawasi agar tidak mengganggu fokus utama siswa dalam pembelajaran formal di kelas.
Oleh karena itu, sangat penting bagi para pendidik dan sekolah dalam menangani masalah tersebut dengan serius dan menerapkan langkah-langkah untuk mencegah kecanduan game online. Hal ini dapat dicapai melalui penerapan kebijakan dan pedoman yang ketat mengenai penggunaan perangkat elektronik di dalam kelas, serta meningkatkan kesadaran di kalangan siswa tentang efek negatif dari bermain game online secara berlebihan. Pentingnya memprioritaskan pendidikan di atas bermain game adalah untuk memastikan perkembangan dan kesuksesan jangka panjang dalam karier dan kehidupan sehari-hari.
Irfan Jalalil
0 Komentar