![]() |
Pemilik bisnis kuliner Harari Coffee; Amin Prasetyo Hadi bersama anggota LPM Analisa pada Sabtu (02/07/2022). |
Jika pada zaman dahulu medium yang digunakan untuk melakukan pemasaran sangat bergantung pada informasi dan flyer rumahan, kini kita bisa dengan mudah memanfaatkan platform yang terdapat di gawai pintar untuk melakukan pemasaran digital.
Inilah strategi sukses pemasaran yang juga dilakukan oleh Amin Prasetyo Hadi, Pemilik Harari Coffee, Desa Ngemplak Kidul yang sekarang mempunyai satu cabang yaitu Havana Coffee Juwana, Pati.
Harari Coffee berdiri sekitar 3 tahun lalu dan tetap berinovasi hingga saat ini. Walaupun secara fisik, lokasi Harari Coffee memang jauh dari lalu lintas jalan raya. Namun dengan kekuatan strategi pemasaran digital yang ia lakukan tidak menghalangi Harari Coffee untuk dapat dikenal oleh masyarakat luas.
"Orang yang tidak tahu dimana tempat Harari ya bertanya tanya, soalnya tempat Harari tidak tampak dari jalan yang ramai. Karena tempatnya juga di kebun ketela sekitar rumah saya. Oleh karena itu sejak awal, saya membuat cafe ini dengan strategi pemasaran Digital Marketing dan kualitas pelayanan yang terus ditingkatkan. Sehingga halaman rumah saya ramai pengunjung. Terlebih saat memasuki waktu sore dan malam," terang Amin pemillik Harari Coffee.
Hingga saat ini Harari Coffee menyediakan 25 jenis menu makanan dan akan terus dikembangkan, 48 jenis minuman yang seluruhnya merupakan perpaduan antara makanan Jepang, Korea dan Indonesia.
Lebih uniknya lagi terdapat camilan makanan yang berjumlah 25 jenis dan didominasi dengan Pisang dan Ketela sebagai ciri khas makanan dari Desa Ngemplak. Inilah yang menjadi cita rasa Harari Coffee.
Banyak hal tersedia di Harari Coffe, mulai dari menu makanan food and drink, paket BBQ, audisi band, vasilitas pelayanan, penampilan pada event event tertentu seperti live music, spot foto Vespa dan motor antik, testimoni pelayanan, view tumbuhan yang ditawarkan Harari Coffe, dan masih anyak lagi. Semua konsisten dijadikan konten setiap harinya dalam Instagram yang sekarang telah mencapai 1.664 followers.
"Digital marketing menjadi penting untuk bisnis kecil maupun besar. Kuncinya adalah keberanian untuk membuat usaha. Kreatif dan Inovatif dalam mengembangkan usaha. Mengembangkan kualitas dan bekerja secara profesional," kata Amin.
Amin menambahkan bahwa seorang pebisnis harus beradaptasi, kreatif membuat menu baru, menentukan target pasar, dan menguasai strategi pemasaran berbasis Digital Marketing. Baik itu lewat Iklan di Instagram, Facebook maupun Endorse.
“Lewat digital marketing Harari dapat mudah memberikan informasi kepada masyarakat seperti menu, promo, dan konser akuistik di Cafe. Selain itu juga dibutuhkan sebuah gagasan baru yang dapat menjawab kebutuhan pelanggan, atau menjawab kebutuhan baru yang sebelumnya belum disadari masyarakat. Untuk menemukan gagasan ini tentu diperlukan kreativitas yang tinggi serta kerjasama tim baik segi pelayanan ataupun pemasaran,” pungkas Amin. (Hikmah Lailatul Kamalia)
0 Komentar